SELAMAT BERJUMPA LAGI

Senin, 28 Mei 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS XII


Satuan pendidikan : SMA Negeri 4 Kendari
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
Alokasi Waktu : 2x40 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI :
Mendengarkan :
1.    Memahami  pembacaan novel
B.    KOMPETENSI DASAR
1.1    Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel
C.    INDIKATOR
1.    Kognitif
a.    Produk
-    Menjelaskan tentang novel dan unsur-unsur pembangun sastra
b.    Proses
-    Melaksanakan Kegiatan :
1.    Menyimak  penggalan novel
2.    Mencatat unsur intrinsik yang ada dalam penggalan novel
3.    Mempresentasikan
4.    Menilai
5.    Menyimpulkan
2.    Psikomotor
a.    Menyimak penggalan novel
b.    Mempresentasikan hasil simakannya
c.    Menuliskan unsure pembangun sastra
3.    Afektif
a.    Karakter
•    Kerjasama
•    Akomodatif
•    Tanggung jawab
b.    Ketrampilan sosial
-    Menjadi pendengar yang apresiatif
-    Menyampaikan/mempresentasikan hasil
-    Menyumbang ide
-    Bertanya dan member I tanggapan dengan bahasa yang baik dan benar
-    Membantu teman yang mengalami kesulitan
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
a.    Produk
a)    Siswa secara mandiri/kelompok dapat menjelaskan unsur intrinsik  sastra (novel) dengan mengerjakan LKS 1 : produk
b)    Secara mandiri siswa dapat memberikan tanggapan dengan alasan yang logis tentang unsur intrinsik sastra yang didengarkan. LKS  : 1
b.    Proses
Siswa menyimak penggalan novel yang dibacakan yang terdapat pada LKS 2 : proses. Selanjutnya siswa diharapkan dapat
1)    Menentukan dan mencatat unsur intrinsik dalam novel
2)    Melakukan pembahasan mengenai unsur intrinsik dari penggalan novel yang dibacakan
3)    Memberi  tanggapan dan menilai tugas presentasi temannya.
Afektif
a.    Karakter
•    Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berpikir kreatif, kritis dan logis, bekerja teliti, jujur dan berperilaku santun.
b.    Ketrampilan Sosial
•    Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam ketrampilan menentukan unsur intrinsic novel dengan bahasa yang baik dan benar, menyumbang ide, menjadi pendengar, dan pembaca yang apresiatif dan membantu teman yang kesulitan.
E.    MATERI PELAJARAN
-    Unsur intrinsiK novel
F.    MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran : Demonstrasi
Metode Pembelajaran : penugasan, diskusi, unjuk kerja
G.    MEDIA/ALAT/BAHAN
    Teks penggalan novel, lembar kerja siswa, spidol
H.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
   No     Kegiatan
            A.        Kegiatan Awal
1.    Guru melakukan pengecekan ruang belajar, siswa dan media yang dibutuhkan.
2.    Apresepsi dengan menggali pemgalaman siswa tentang novel
3.    Nenjelaskan kompetensi dan indicator yang akan dicapai
4.    Mengemukakan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
            B.    Kegiatan Inti
                    5. Guru menjelaskan tentang unsur intrinsik sastra/novel
                    6. Guru member kesempatan kepada siswa untuk bertanya
                    7. Guru membagi siswa menjadi empat kelompok
                    8. Siswa membaca teks bacaan yang disiapkan guru
                    9. Siswa menganalisis,menulis, berdiskusi dalam kelompok tentang unsur intrinsik      
                        yang terdapat dalam teks penggalan novel.  
                    10. Secara bergiliran siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan
                           Kelompok lain untuk ditanggapi dan diskusikan.
                    11. Siswa menyimpulkan unsur intrinsik dalam penggalan novel berdasarkan hasil
                           Kerja kelompok, seraya membantu teman sejawat yang mengalami kesulitan.
                    12. Siswa menunjukkan apresiasi terhadap hasil unjuk kerja teman kelompok lain.
            C.           Kegiatan Akhir
                    13. Guru merampungkan simpulan atau hasil diskusi siswa dan memberi penguatan
                           Terhadap simpulan yang diberikan siswa.     
                    14. guru memberikan penghargaan terhadap hasil belajar siswa.
                    15. Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas yaitu menganalisis unsur intrinsik
      Pada novel yang dipilih siswa.                                                                 

I.    SUMBER PEMBELAJARAN
1.    Somad,adi abdul,dkk. Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional,
J.    PENILAIAN
      Indikator                              indikator soal               Teknik         Bentuk               Indikator
1.    Mampu menyimak           Dibacakan penggalan    Tes                 Tes lisan         Setelah dibacakan teks,
Penggalan Novel               novel, siswa dapat         penugasan        siswa dapat menyimak
yang dibacakan                 menyimak dengan                                     dan memahaminya
    baik.
2.    Mampu menentukan       Dibacakan penggalan                           Tes tertulis    berdasarkan teks yang                                      
Unsur intrinsik dalam       novel, siswa dapat     dibaca, siswa dapat me
Penggalan novel yang      menentukan unsur     nentukan unsur intrinsik
Dibacakan                           intrinsiknya.    Sastra/novel.
3.    Mampu menyimpulkan   Melalui diskusi siswa                            unjuk kerja    Mampu menyimpulkan          
Hasil diskusi                       dapat menyimpulan    unsur intrinsik sastra
    Unsur intrinsik dalam     setelah diskusi.
    Penggalan novel.













BAHAN AJAR


Novel merupakan cerita fiksi dalam bentuk tulisan dan kata-kata, menceritakan tentang kehidupan manusiadalam berinteraksi dengan lingkungan dan sesamanya.
Agar dapat memahami karya sastra kita harus dapat dapat memahami unsur intrinsik satra. unsur-unsur dalaM novel meliputi beberapa unsur, diantaranyaadalah sebagai berikut :
1.    Tema
Tema adalah pokok masalah suatu cerita.
2.    Latar atau setting
Latar atau setting adalah tempat atau waktu terjadinya peristiwa atau alur cerita.
3.    Alur atau plot
Alur atau plot adalah rangkaian peristiwa yang membangun sebuah cerita. Pada umumnya alur terdiri atas beberapa tahap, seperti pada gambar berikut
    d                                      Ket. a. pengenalan
     c                                                   b. konflik/penampilan masalah
                                                               e                                c. konflik memuncak
    b                                                              d.klimaks/puncak ketegangan
                                                            a        f                     e. ketegangan menurun
                                                                          f. penyelesaian
a.    Tahap pengenalan
        Tahap ini menguraikan latar cerita atau penokohan.
b.    Tahap penampilan masalah /konflik
Tahap ini menceritakan persoalan yang dihadapi pelaku cerita. Dalam tahap ini, akan terjadi konflik antarpelaku.
c.    Tahap konflik memuncak
Tahap ini menceritakan konflik yang dihadapi pelaku yang semakin meningkat.
d.    Puncak ketegangan /klimaks
Tahap ini menggambarkan ketegangan masalah dalam cerita atau masalah itu telah mencapai klimaks/puncak.
e.     Tahap ketegangan menurun
Tahap ini menceritakan bahwa masalah yang telah berangsur-angsur dapat diatasi dan dikhawatirkan mulai hilang.
f.    Tahap penyelesaian
Tahap ini menceritakan bahwa masalah tersebut sudah dapat diatasi. Pengarang memberikan pemecahan dari semua peristiwa sebelumnya.
4.    Penokohan
Penokohan atau perwatakan merupakan unsur yang tersurat dalam sebuah cerita. Hal itu dapat kita amati berdasarkan apa yang ditulis pengarang. Penokohan adalah pelukisan mengenai pelaku atau tokoh-tokoh cerita.
Untuk mengetahui pelaku watak pelaku cerita, perhatikanlah :
a.    Apa yang dilakukan pelaku;
b.    Apa yang dikatakan pelaku;
c.    Bgaimana sikap pelaku dalam menghadapai persoalan;
d.    Bagaimana penilaian pelaku lain terhadap dirinya.
5.    Amanat
Amanat adalah hal yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca yang berkaitan dengan tema.amanat juga disebut sebagai  hikmahcerita. Amanat dapat berupa paham tertentu, nasehat, ajakan, atau larangan. Kita dapat mengetahui amanat yang disampaikan pengarang setelah membaca seluruh karangan.
Unsur ekstrinsik sastra adalah latar belakang pengarang, aspek-aspek sosial politik, hasil pemikiran masyarakat, dan komdisi zaman.











LKS 1 : Kognitif Produk

Nama:                        NIM:                 Tanggal :

1.    Apa yang dimaksud dengan novel ?
2.    Apa saja unsur unsur intrinsik yang terdapat pada sastra/novel ?



Skor:















LKS 2 : Kognitif proses

Nama:        NIM:                Tanggal:

Berdasarkan penggalan novel yang telah dibacakan, jelaskan unsur-unsur intrinsik yang terdapat di dalam karya sastra tersebut?
Tugas
1.    Bacalah novel-novel karya sastra lainnya. Anda dapat mencarinya di perpustakaan, di tempat-tempat peminjaman buku, atau di toko-toko buku.
2.    Diskusikan bersama kelompok anda isi novel tersebut berdasarkan unsur intrinsiknya.






   









LKS 3= Afektif : Perilaku Berkarakter

PETUNJUK
Berilah penilaian atas setiap perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut.
A = Sangat baik                                              B = Memuaskan
C = Menunjukkan kemajuan                        D = Memerlukan perbaikan

FORMAT PENGAMATAN PERILAKU BERKARAKTER
 No.  Rincian Tugas   memerlukan     Menunjukkan     memuaskan      Sangat Baik
          kinerja (RTK)     perbaikan (D)   kemajuan (C)           (B)                          (A)
1.    Kerjasama

2.    Akomodatif


3.    Bertanggung
jawab
4.    Apresiatif




    Hari, Tanggal :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar